MultiSpech

Tips Memilih Domain Yang Baik

Tulisan kali ini akan membahas tentang Cara memilih Domain untuk Website atau Blog. Hal ini berkaitan atau berhubungan dengan niat saya untuk memposting tentang blog wordpress dengan domain berbayar. Kalau pembahasan sebelumnya berkaitan dengan blog gratisan seperti Blogspot, Blogdetik dan WordPress, maka tidak ada salahnya ya membahasa juga bagaimana cara blogging dengan blog wordpress berbayar. Makanya terlebih dahulu saya akan bagikan pada anda tentang memilih domain. Setelah memilih doman sukses baru akan saya berikan tips-tips yang lain seperti memilih hosting, cara install wordpress di hosting dll. Doakan ya Semoga masih sehat sehingga saya bisa menemui anda dengan berbagai artikel terbaru.
Domain saya pahami sebagai sebuah nama untuk alamat web. Itu pemahaman saya yang paling simple. Buat apa sulit-sulit. Yang simple-simple saja ya. Contoh alamat domain ya seperti blog tercinta ini www.kutulis.com. Itu domain. Domain saya tadi berakhiran .com, kalau dibaca menjadi www dot kutulis dot com. Sesuai dengan selera tentu saja anda bisa memilih nama domain yang berakhiran (.com/.net/.org/.info/.us/.me dll).
Di mana membeli domain? OOOw, jangan bingung. Di internet banyak sekali layanan web hosting yang mmenyediakan layanan khusus untuk menyewa domain hosting. Anda bisa manfaatkan mesin pencari google untuk mencari informasi seputar domain. Kalau saya sendiri menggunakan idwebhost.com, karena layanannya sudah lama terpercaya, CSnya ramah dan selalu melayani dengan baik, bisa kontak lewat sms, email, dan telepon. Bukan promosi, tapi berdasarkan pengalaman. Pilihan tetap ada di tangan anda. Yang terpenting sekarang adalah bagaimana memilih Domain untuk Website atau Blog. Maaf ya tips ini saya sadur dari blog masisnaini.com
Beberapa tips memilih domain untuk website dan apa saja yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih sebuah nama domain.
Sebelumnya, beberapa aturan dalam memilih domain harus anda ketahui: Nama Domain hanya boleh menggunakan huruf dan angka. Sedangkan karakter lain yang diperbolehkan adalah tanda “-” (baca: strip atau dash). Tetapi karakter “-” tidak diperbolehkan berada di awal dan akhir sebuah nama domain. Spasi dan karakter lain tidak diperbolehkan. Untuk nama domain, maksimun karakter/paling banyaknya yang diperbolehkan adalah sebanyak 63 karakter, tidak termasuk extensi domain (.com/.net/.org/.info/.us/.me dll). Nama domain biasanya menggunakan huruf kecil semua, Walaupun ketika diketik menggunakan huruf besar/kapital pada browser juga bisa.
Berikut Tips memilih nama domain
1. Identik. Nama Domain harus mewakili perusahaan, produk ataupun tema website Anda. Sebaiknya gunakan nama perusahaan atau produk sebagai nama domain. Apabila produk anda adalah kecantikan cobalah untuk pesan domain dengan nama kecantikan.com ( maaf contoh saja ). Sedangkan apabila untuk website pribadi atau blog pribadi, maka gunakan nama Anda sebagai nama domain. Contoh nama anda misalnya syahrul ( maaf contoh saja ) maka nama domain anda menjadi www.syahrul.com atau www.syahrulblog.com. Seperti saya. Nama saya Tulis. Maka saya beli domain dengan nama www.Kutulis.com.
2. Sebaiknya Gunakan  .com. Kenapa pilihan extensi utama ketika anda memilih domain adalah .com karena lebih populer ketimbang extensi lainnya. Selajutnya apabila sudah tidak tersedia, pilih saja .net, .org, .info, .biz dan lainnya. Kalau perlu, beli semua extensi yang ada dan forward ke satu website utama. Hal ini untuk menjaga penyalahgunaan nama domain oleh orang lain. karena bisa saja orang menjatuhkan nama baik Anda atau website Anda dengan membuat website dengan nama sama dengan extensi yang berbeda.
3. Buat Nama Domain Gampang diingat. Pilih domain yang gampang di ingat, unik, dan mudah di ucapkan. Banyak website sukses dengan nama unik maupun kata-kata yang sering kita ucapkan sehari-hari, misalnya astaga.com, detik.com, dll.
4. Nama Domain Jangan Terlalu Panjang sama seperti nama pada umumnya. Sebab kalau namanya terlalu panjang, biasanya susah untuk di ingat. Gunakan tanda “-” untuk pemisah untuk domain dengan dua suku kata atau lebih. Atau karena sudah diambil orang. Misalnya namadomain.com sudah diambil orang, maka cobalah alternative lain seperti nama-domain.com atau menggunakan extensi lain misalnya namadomain.net atau nama-domain.net
Penting Sebelum membeli domain, sebaiknya pikirkan secara mendalam nama yang akan anda gunakan. Untuk mengecek apakah domain sudah dipake orang atau belum silahkan manfaatkan web http://whois.domaintools.com/namadomain.com. Dari web tersebut anda juga bisa melihat siapa pemilik/ registrant domain yang Anda cari apabila sudah diambil orang lain.
Oke itu saja posting kali tentang Tips memilih Domain untuk Website atau Blog.
Comments
0 Comments

Posting Komentar - Back to Content

 
•·» Saran Saya! Pakai Tampilan Firefox Supaya Blog Ini DApat Dilihat Dengan Maksimal ! «·• ƪ(‾ε‾“)ʃ (^o^)V